PRAKTIK KERJA DAKWAH KELAS IX “Naafi’un Lighoirihi (Menebar Manfaat bagi Sekitar)”

17 Juni 2023 09:19 Di tulis oleh Admin SMP PRAKTIK KERJA DAKWAH KELAS IX  “Naafi’un Lighoirihi (Menebar Manfaat bagi Sekitar)”

Ditulis Oleh: Siti Muna

Lembang – Menjelang akhir pembelajaran, santri kelas IX baik tholib maupun tholibah melaksanakan agenda akhir tahun yaitu Praktik Kerja Dakwah (PKD) yang dilaksanakan pada 5-7 Juni 2023 di dua lokasi berbeda yaitu Desa Cupunagara Kec. Cisalak Subang dan Desa Sunten Jaya Kec. Lembang Kab. Bandung Barat. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk memberikan pengalaman dakwah pendidikan dan sosial di masyarakat bagi siswa, dan praktek manajerial kegiatan di masyarakat, membentuk empati dan partisipasi serta kepedulian tholib dan tholibah terhadap masalah yang nyata dihadapi masyarakat, sebagi pemberdayaan masyarakat, belajar memecahkan permasalahan secara nyata di lapangan, meningkatkan jiwa kepemimpinan serta keorganisasian tholib tholibah dalam melaksanakan program, menerapkan kerjasama dan kekeluargaan yang kongrit antar tholib tholibah dan masyarakat, menanamkan nilai kepribadian yang meliputi kualitas kerja para tholib tholibah dalam membangun suatu program yang berpengaruh terhadap masyarakat, serta memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para pihak yang ingin terlibat aktif (sebagai donator atau narasumber) dalam pelaksanaan kegiatan pengalaman pendidikan dan sosial.


Kegiatan yang mengusung tema Naafi’un Lighoirhi ini diikuti oleh seluruh santri kelas IX Tholib dan Tholibah. Kegiatan PKD ini diisi dengan kegiatan pengajian di mesjid dan madrasah setempat, kegiatan jika aku menjadi, mengajar di mesjid dan madrasah setempat, bakti sosial, bakti kesehatan,


Inti dari kegiatan ini adalah agar santri tholib dan tholibah bisa belajar dan terjun langsung ke masyarakat untuk memberikan pengalaman dakwah pendidikan dan sosial di masyarakat. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini bisa menjadikan santri kelas IX Tholib dan Tholibah dapat lebih bisa bersyukur atas segala nikmat yang terasa dan dapat mempraktikan segala bentuk ilmu yang telah didapat selama pembelajaran di Nurul Fikri Boarding School Lembang. Barakallah Fiikum.