Mukhoyyam Bahasa Kelas 9 Tholibah

24 Januari 2024 09:08 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI Mukhoyyam Bahasa Kelas 9 Tholibah

Bandung Barat, Alhamdulillah telah terlaksana kegiatan muhoyyam Bahasa untuk kelas 9 tholibah pada hari Senin sampai Sabtu, 22-28 Oktober 2023. Muhoyyam ini diselenggarakan oleh tim BPS SMP setiap setahun sekali. 


Tujuan muhoyyam adalah menambah wawasan kebahasaan santri khususnya bahasa Arab. Dalam kegiatan muhoyyam ini santri difokuskan untuk mempelajari tentang ilmu hiwar (percakapan) dan imla' (menulis dasar bahasa Arab). Modul pembelajaran yang dipakai selama kegiatan muhoyyam bahasa ini adalah kitab Arabiyah Baina Yadaik dan modul imla'.

 

Waktu yang digunakan untuk pembelajaran muhoyyam bahasa ini menggunakan waktu PBM sekolah; mulai dari pukul 08.00 setelah apel pagi

sampai pukul 12.00 WIB. Pada muhoyyam ini santri tidak hanya belajar, tetapi juga ada diselingi agenda menarik yang lain seperti menonton film dan games. Games yang dilombakan ada 2 yaitu dikte menuliskan kosakata dan demonstrasi memasak berbahasa Arab.

 

Pada hari terakhir di tanggal 28 Oktober dilakukan post test. Post test ini bertempat di dome Tholibah 2. Untuk menutup acara muhoyyam kelas 9 ini diadakan lomba seru-seruan yaitu lomba memasak dengan kelompok yang sudah ditentukan. Lomba memasak ini dilaksanakan di area aula kayu.

Masing-masing kelompok memasak makanan yang berbeda-beda dan di akhir, para santri Tholibah mempresentasikan proses masakan dengan menggunakan bahasa Arab di depan asatidz.

 

Reportase: Syifa Nurul I, Salsabil Azzahra, Aghna Nayyara A