UJIAN PUBLIC SPEAKING

06 Juni 2023 08:59 Di tulis oleh Admin SMP UJIAN PUBLIC SPEAKING

“Be a Great Speaker to be a Great Leader”

 Ditulis Oleh: Siti Muna

Lembang – Public speaking adalah kegiatan komunikasi lisan yang dilakukan secara langsung di muka umum atau dihadapkan sekelompok orang. Kemampuan public speaking ini harus bisa menjadi bakat yang terpendam langsung, bisa juga karena pelatihan yang dilakukan oleh seseorang. Public speaking menjadi soft skill yang perlu dimiliki oleh siapa saja, khususnya para pelajar. Kemampuan public speaking ini bisa diasah dengan seringnya seseorang melakukan public speaking dihadapan orang lain.

Para santri tholib dan tholibah kelas 7 dan 8 telah melangsungkan kegiatan Ujian Public Speaking pada tanggal 30 Mei 2023. Walaupun ujian public speaking bukan menjadi unsur penilaian khusus pada kenaikan kelas, namun ujian ini pun untuk meningkatkan rasa percaya diri, menyampaikan ide atau gagasan, meningkatkan kualitas diri, lebih berfikir kritis, membuat orang bisa mendengarkan, membangun koneksi serta meningkatkan kemampuan kepemimpinan leadership. Tema ujian public speaking setiap santri sudah ditentukan oleh guru sebelumnya, sehingga para santri akan mencari bahan untuk presentasi.


Ada beberapa unsur penilaian pada ujian public speaking ini, yaitu penguasaan materi, intonasi suara, pelafalan (artikulasi) pada muqadimah dan ayat atau hadits yang digunakan, gestur dan kostum yang dipakai.


Kegiatan ujian public speaking ini sebagai moment untuk melatih para santri agar memiliki rasa percaya diri dan jiwa kepemimpinan pada diri masing-masing santri. Barakallah Fiikum.