“Rihlah Al-Quran dan Praktek Kerja Da’i” Membangun Motivasi dan Memperkuat Kepercayaan Diri Santri

12 April 2023 10:16 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI “Rihlah Al-Quran dan Praktek Kerja Da’i” Membangun Motivasi dan Memperkuat Kepercayaan Diri Santri

Lembang – Bidang Pengembangan Pendidikan Al-Quran (BP2A) Nurul Fikri Boarding School Lembang kembali mengadakan kegiatan Rihlah Al-Quran dan Praktek Kerja Da’i (PKD). Kegiatan yang dilaksanakan didua lokasi yang berbeda ini melibatkan beberapa santri pilihan yang sebelumnya sudah diseleksi dan direkomendasikan. Lokasi pertama dilaksanakan pada Rabu – Kamis, 29-30 Maret 2023 yang berlokasi di Cianjur, terdapat dua agenda yaitu Rihlah Al-Quran dan PKD, dengan melibatkan beberapa santri diantaranya, Arindra Pratama (VII B), M Reyen (VII C), Muhammad Azizan (VIII B), Syandana Zahin (VIII B), Fakhri Abdi (IX A), Azska Arrayyan (IX C), Muhammad Iqbal (X.2), Faris Avicenna (X.1), Ahmad Fauzi (XI IPA 2), Rafif Maulana (XI IPA 1), Muhammad Rofi (XI IPS 1).


Lokasi kedua dilaksanakan pada Selasa – Rabu, 4-5 April 2023 yang berlokasi di Pondok Pesantren Al Ummah Kab. Garut, terdapat satu agenda yaitu PKD, dengan melibatkan santri yaitu Fakhri Abdi (IX A) dan Muhammad Azril (XI IPA 2).

Kegiatan Rihlah Al-Quran sendiri adalah kegiatan untuk memotivasi santri untuk lebih giat dan berlomba-lomba untuk mengoptimalkan mereka dalam mendalami Al-Quran. “Kalo PKD itu untuk melatih mental anak-anak, belajar menyampaikan ilmu ke warga, karena beda ketika anak-anak di sini PD kalo di sana mereka groginya luar biasa, maka dengan adanya program PKD ini mereka bisa terbiasa untuk menjadi imam misalnya kalo-kalo di suruh mendadak” jelas Ustadz Harun sebagai salah satu pembimbing dalam program ini.

Selain itu, ada beberapa kegiatan mandiri yang dilaksanakan oleh para santri selama melaksanakan kegiatan ini, seperti menyiapkan diri untuk tahajjud, pada umumnya konsep dairpada kegiatan ini sama seperti santri di pesantren.

Kegiatan ini menjadi kegiatan rutin tahunan yang diadakan oleh Bidang P2A “Betul program tahunan. Tahun depan Insya Allah karena kita sudah membangun komunikasi dengan pihak Cianjur dan Garut, Insya Allah kita bakalan disana lagi tapi dengan program yang lebih kita upgrade, anak-anak menerima setoran, jadi mereka kayak guru tahfidz gitu, Insya allah masih di tempat yang sama, dan harapannya untuk daerah-daerah yang pernah didatangi sebelum covid inginya kita buka lagi, misalnya kayak ke Papua” lanjut Ustadz Harun.

Sedangkan kegiatan Rihlah adalah kegiatan yang diberikan kepada peserta PKD dan Rihlah sebagai bentuk penghargaan di bidang Quran. Kegiatan yang ada pada Rihlah ini seperti motivasi Quran, penguatan Quran, berkuda, memanah, dan berenang.