PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL MENGENANG BAPAK PENDIDIKAN NASIONAL, SANG PELOPOR “TUT WURI HANDAYANI”

02 Mei 2023 08:22 Di tulis oleh Admin ARTIKEL PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL  MENGENANG BAPAK PENDIDIKAN NASIONAL, SANG PELOPOR “TUT WURI HANDAYANI”

Ditulis Oleh: Siti Muna

Lembang – Peringatan Hari Pendidikan Nasional tidak akan lepas dari salah satu sosok pahlawan pendidikan yang bernama Ki Hadjar Dewantara. Beliau adalah toko pelopor pendidikan di Indonesia pada masa penjajahan Belanda. Berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No. 305 Tahun 1959, 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional. Penentuan tanggal 2 Mei sebagai Hardiknas ini diambil dari tanggal lahir Ki Hadjar Dewantara yang lahir pada 2 Mei 1889, dengan nama asli R.M. Suwardi Suryaningrat.

Beliau lahir dari keluarga terpandang dan merupakan keluarga ningrat di Yogyakarta. Beliau menimba ilmu di STOVIA, sebuah sekolah dokter pada zaman Hindia Belanda. Namun karena sakit, beliau tidak dapat menyelesaikan pendidikannya dikedokteran, akhirnya beliau menjadi seorang wartawan dibeberapa media surat kabar pada saat itu. Selama menjadi seorang wartawan, beliau dikenal sebagai sosok yang berani dan sangat menentang kebijakan terkait pendidikan di Indonesia. Pada masa penjajahan, yang hanya diperbolehkan untuk melaksanakan pendidikan formal adalah mereka dari keturunan Belanda dan kaum priyayi.

Banyaknya kritikan yang disampaikan oleh Ki Hadjar Dewantara tentang sistem pendidikan Indonesia, membuat beliau diasingkan ke Belanda dengan dua rekan lainnya, yaitu Ernest Douwes Dekker dan Tjipto Mangunkusumo, yang kelak mereka merupakan tokoh yang dikenal sebagai “Tiga Serangkai”.

Setelah kembalinya beliau ke Indonesia, Ki Hadjar Dewantara mendirikan lembaga pendidikan Tamansiswa (Nationaal Onderwijs Instituut Tamansiswa). Beliau diangkat menjadi Menteri Pendidikan Indonesia pertama pada saat Indonesia merdeka.

Karya-karya Ki Hadjar Dewantara menjadi landasan dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia. Atas semua jasa beliau di dunia pendidikan Indonesia, beliau dijadikan sebagai Bapak Pendidikan Nasional.

Beberapa semboyan yang dipelopori oleh Ki Hadjar Dewantara yang sangat terkenal hingga saat yaitu :

1.               Ing ngarsa sung tuladha, artinya ketika di depan kita harus memberi contoh atau suri teladan bagi mereka yang berada di tengah dan belakang.

2.             Ing madya mangun karsa, artinya ketika di tengah kita harus bisa memberikan semangat untuk kemajuan.

3.             Tut wuri handayani, artinya ketika di belakang kita harus mampu memberikan dorongan.