MENUMBUHKAN SIKAP KRITIS MELALUI KARYA ILMIAH

14 Desember 2022 15:00 Di tulis oleh Admin SMP MENUMBUHKAN SIKAP KRITIS MELALUI KARYA ILMIAH

"Sidang Proposal Karya Ilmiah kelas 9 Tholib dan Tholibah"

Ditulis Oleh: Siti Muna

Lembang – Karya tulis ilmiah kelas 9 menjadi sebuah projek akhir bagi santri kelas 9 baik tholib maupun tholibah. Kegiatan yang dilaksanakan selama 1 tahun ajaran ini dibagi menjadi 2 periode, pada semester 1 santri ditugaskan membuat Bab 1-3 yang selanjutnya akan diadakan sidang proposal KTI, dan semester 2 yang akan dilakukan penelitian, wawancara, penyebaran angket, pembuatan produk dan menyelesaikan Bab 3-4. Pada semeseter 1 ini dilakukan sidang proposal yang sudah digelar pada Senin, 28 November 2022 di area SMP Tholib dan Tholibah. Penguji yang bertugas pada sidang proposal KTI dibagi menjadi dua, untuk santri tholib yaitu Ustadz Saputra, Ustadz Bayu, Ustadzah Eni dan Ustadzah Rianti. Sedangkan untuk santri tholibah yaitu Ustadzah Eliya, Ustaadzah Dea, Ustadz Idan, dan Ustadzah Lisma.


Pembuatan KTI ini dapat dilakukan secara individu maupun kelompok untuk menentukan judulnya, namun dalam pengerjaan dilaksanakan secara individu. Sebelum para santri memulai mengerjakan KTI, diadakannya orientasi atau masa pengenalan karya tulis ilmiah, lalu dibagi menjadi beberapa bidang sesuai dengan minat penelitian santri, selanjutnya pembagian pembimbing.

Terdapat dua aspek penilaian dalam sidang proposal KTI ini, yaitu aspek presentasi yang meliputi cara penyampaian santri, tutur bahasa yang digunakan, gestur tubuh, ekspresi wajah/mimik muka, bahan presentasi yang disajikan. Aspek kedua yaitu materi karya ilmiah yang disajikan dalam bentuk hard copy yang nantinya akan diberi penilaian oleh masing-masing penguji.

Tujuan diadakannya KTI ini salah satunya untuk melatih berpikir ilmiah dan kritis para santri dan juga melatih santri dalam menyusun karya tulis sendiri, selain itu KTI ini menjadi syarat kelulusan bagi santri kelas 9.