MENCETAK CENDEKIAWAN MUDA MELALUI KARYA TULIS ILMIAH

05 Juni 2023 08:37 Di tulis oleh Admin SMP MENCETAK CENDEKIAWAN MUDA MELALUI KARYA TULIS ILMIAH

Ditulis Oleh: Siti Muna

Lembang - Karya Tulis Ilmiah tersusun dari tiga kata yaitu, karya, tulis dan ilmiah. Menurut KBBI, karya adalah sebagai hasil sebuah usaha, upaya, perbuatan atau ciptaan, sedangkan tulis, atau menulis memiliki arti segala kegiatan yang terkait dengan huruf, pena, atau media tulis yang lainnya. Ilmiah berarti bersifat ilmu, secara ilmu pengetahuan, atau memenuhi syarat (kaidah) ilmu pengetahuan. Jika digabungkan, maka karya tulis ilmiah merupakan sebuah karya yang dihasilkan dari kegiatan menulis, dengan menggunakan penerapan kaidah ilmiah, mengutamakan aspek rasionalitas, mengusung permasalahan yang  bersifat obyektif serta faktual.

Membuat karya ilmiah membutuhkan proses untuk penelitian, membaca dan memahami berbagai literatur. Hal ini dilakukan oleh santri tholib dan tholibah kelas IX SMP Nurul Fikri Boarding School Lembang. Menjelang hari kelulusan, membuat karya tulis ilmiah menjadi salah satu syarat kelulusan bagi kelas IX baik santri tholib maupun tholibah. Pembuatan karya tulis ilmiah ini sudah dilakukan sejak para santri memasuki kelas IX. Proses yang cukup panjang kurang lebih 1 tahun ini, dilakukan oleh para santri untuk membuat karya tulis ilmiah, bedasarkan penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya yang tentunya dibantu oleh para guru pembimbing.

Ujiang sidang KTI ini dilaksanakan pada akhir semester genap, dimana para santri kelas IX Tholib dan Tholibah akan diuji KTI mereka masing-masing dengan hasil penelitian yang sudah dikerjakan. Menurut salah satu penguji sidang KTI menjelaskan ada beberapa komponen utam yang menjadi dasar penilaian dari sidang KTI ini. Secara umum terbagi menjadi dua yaitu presentasi dan karya tulis.


Pada proses  presentasi ada beberapa point penting yang harus diperhatikan oleh para peserta sidang KTI, yaitu penilaian sikap selama melakukan presentasi, dimulai dari kerapihan berpakaian, dan kesopanan, serta kemampuan menjelaskan isi presentasi, kelancaran ketika menyampaikan gagasan, kemudian kejelasan metode dan prosedur kerja


Selain proses presentasi adapun point penilaian pada karya tulis yang telah dibuat oleh para peserta, memuat beberapa point penilaian yaitu kemampuan mendeskripsikan gagasan karya tulis, penggunaan bahasa, dan kemampuan menjelaskan inovasi dan manfaat penelitian.

Diadakannya kegiatan KTI ini diharapkan bisa menjadi jalan proses untuk memberikan pendidikan tentang ilmu pengetahuan, ilmiah, berpikir kritis, mempunyai rasa percaya diri yang tinggi, dan sikap bertanggung jawab. Barakallah Fiikum