BINA RUHANI THOLIBAH NFBS LEMBANG

02 Maret 2023 08:26 Di tulis oleh Admin SMA BINA RUHANI THOLIBAH NFBS LEMBANG

“Islam Menjadikan Diri Lebih Beramkna”

Ditulis Oleh: Siti Muna

Lembang – Membina ruhani adalah satu hal penting yang harus dilakukan oleh setiap muslim dan muslimat. Bina ruhani memiliki tujuan untuk menjaga stabilitas ruhani agar tetap berada dalam jalur yang Allah SWT ridhoi. Menjaga ruhani penting dilakukan, seperti halnya fisik yang kita jaga agar tidak mudah sakit, begitupun ruhani, menjaga ruhani bertujuan agar ruh/jiwa kita sehat, tidak melakukan perbuatan menyimpang, selalu tegak dan lurus dijalan Allah SWT, senantiasa mengamalkan kebaikan setiap harinya.

Demi menjaga dan membina ruhani para santri, khususnya santri tholibah, Sub Bidang Bina Pribadi Islami SMA Nurul Fikri Boarding School Lembang mengadakan agenda “Bina Ruhani Tholibah” yang rutin diadakan setiap sebulan satu kali disemester kedua. Kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan kebanggaan berislam, memahamkan peserta didik akan islam sebagai minhajul hayah (pedoman hidup) yang bersifat integral, mempersiapkan peserta didik agar menjadi pribadi muslim yang matang untuk menunaikan tugas-tugas organisasi dan siap menjadi problem solver, memberikan ruang yang lebih luas bagi proses perkembangan kepribadian yang baik untuk peserta didik, melatih peserta didik agar terbiasa menunaikan ibadah nafilah, membangun kesadaran sejak dini akan pentingnya kesehatan ruhani dalam kaitannya dengan akhlak islami.

Kegiatan yang berlangsung pada Jumat, 24 Februari 2023 dari pukul 10.40-11.50 WIB ini mengundang seluruh santri tholibah kelas 10 dan 11. Kegiatan ini dilaksanakan didua lokasi yang berbeda, hal ini karena sesuai dengan kebutuhan audiennya. Lokasi pertama di Perpustakaan Tholibah yang dikhususkan untuk santri kelas 10 dengan pemateri Alda Aldila Riyadi (Sekretaris BPKom PD KAMMI Bandung) yang membawakan materi tentang “Memahami Jati Diri Untuk Menjadi Muslim Hebat”. Sedangkan lokasi kedua yaitu di Ruang Camridge, untuk santri kelas 11 dengan pemateri Noviyana, S.Sos (Kabid. Perempuan PD KAMMI Banding) yang membawakan materi tentang “Strategi Efektif Kelola Waktu Seorang Muslim”.

Pentingnya mengadakan kegiatan bina ruhani tholibah ini agar peserta didik bisa memahami dan mengokohkan jati dirinya sebagai seorang muslimah dan agar peserta didik mampu mengatur skala prioritas dalam berorganisasi maupun dalam kehidupan sehari-hari.