Opening IMS (Improving Managerial Skills)

04 Oktober 2021 16:27 Di tulis oleh Admin KOLOM GURU Opening IMS (Improving Managerial Skills)

NFBS LEMBANG KEMBALI MENGGELAR PELATIHAN IMS (IMPROVING MANAGERIAL SKILLS)  

Penulis : Moh. Robby Rodhiya

LEMBANG, 29 September 2021 – Pada tahun ajaran 2020/2021 Nurul Fikri Boarding School Lembang mengadakan pelatihan Improving Managerial Skills (IMS) dengan tema Great Leaders For Excellent Team yang berlokasi di area Nurul Fikri Boarding School Lembang.


Pelatihan IMS ini bertujuan untuk memperbaiki serta meningkatkan kemampuan Manajerial SDM NFBS Lembang untuk seluruh pimpinan mulai dari direktur hingga ke tingkat koordinator yang ada di Lingkungan NFBS Lembang, harapannya pimpinan yang diberikan pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensinya dalam mengelola tugas, mengelola sumber daya dan mengelola tim yang ada di bidang dan departemennya masing-masing.

Dengan maksud dan tujuan yang sama, Nurul Fikri Boarding School Lembang kembali mengadakan pelatihan Improving Managerial Skills (IMS) di tahun ajaran 2021/2022 di Ruang Meeting PSB Lantai 1 yang dimana pesertanya adalah pimpinan-pimpinan baru yang menduduki posisi struktural di dalam organisasi, dan belum pernah mengikuti IMS pada tahun sebelumnya.

Acara pelatihan IMS dibuka oleh Direktur Pelayanan dan Pengembangan Lembaga, Ustadz Rahmat Wiyoga, S.E (23/09/21) “Untuk menjadi manajer atau leader yang hebat, maka jadilah pembelajar yang terbaik.  Seorang officer yang hebat, tidak akan secara otomatis menjadi manajer yang hebat. Maka daripada itu, pentingnya mengetahui tugas dan peran seorang manajer dalam menjalankan amanah sebagai pemimpin perlu dibarengi dengan peningkatan ilmu manajerialnya. Managerial Skill bukan hanya sekedar pengetahuan, lebih daripada itu, yaitu kemampuan. Maka daripada itu, ilmu Managerial Skill ini harus terus dilatih dan dipraktekkan dalam pelaksanaannya.” Tegas beliau.

Pada kesempatan kali ini, materi pertama IMS membahas mengenai Manajemen dibawakan langsung oleh Manager HRD, Ustadz Gugun Gunawan, Lc. Pembahasan materi mengenai Manajemen meliputi standar kompetensi manajemen, peningkatan kompetensi KSA, kemampuan manajemen, klasifikasi manajemen dan studi kasus.

“Keberhasilan atau kesuksesan sebuah Lembaga seringkali dipengaruhi oleh para manajernya. Masalahnya adalah terkadang pegawai yang diangkat menjadi manager salah satu nya adalah memiliki keterampilan teknis yang handal, bukan kemampuan manajerialnya. Manajer yang diangkat tanpa bekal kemampuan manajemen, tidak akan membuat dirinya secara otomatis menjadi Manajer yang hebat. Maka daripada itu dengan mempelajari prosesi manajemen yang baik serta mengetahui tugas dasar atau tanggungjawab seorang manajer, maka harapannya adalah ia mampu menjalankan peran penting manajer dalam lembaga.” Ujar beliau.

“Manage by brain and Lead by heart. Maka daripada itu kemampuan berpikir sangat penting bagi manajer, seperti kemampuan memecahkan masalah, mengambil keputusan dan membuat perencanaan. Pelatihan IMS ini adalah wadah bagi kita sebagai pemimpin untuk meningkatkan kompetensi antara lain pengetahuan, kemampuan dan sikap kerja“ Kata Ustadzah Nur Upik, S.Si dalam sambutan IMS.