Ansyithah Ramadhan

21 Maret 2024 11:29 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI Ansyithah Ramadhan

Bandung Barat, Tidak terasa, kita dipertemukan kembali pada bulan yang mulia; Bulan suci Ramadhan. Santri Nurul Fikri Boarding School Lembang sangat antusias untuk menjalankan kegiatan di bulan suci ini. Diawali dengan tarhib Ramadhan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 9 Maret 2024. Kegiatan tarhib terdiri dari kajian bersama Syaikh Mahmud Salim Ibrahim Hassan di GSG Mardiyah tholibah 2 dan pawai keliling area RW 04 Cibodas. Pawai ini diikuti oleh santri SMP, TPQ, RA, Daycare Nurul Fikri, beserta para wali murid.

Di bulan Ramadhan ini, kita memulai aktivitas harian dengan bangun di sepertiga malam untuk menunaikan ibadah tahajjud dan makan sahur. Setelah itu, kita menyimak kajian di masjid hingga adzan Shubuh tiba. Di pagi hari, kita melaksanakan Penilaian Sumatif Tengah Semester (PSTS) Semester Genap 2023/2024 dari setelah apel sampai sebelum Dzuhur. Kegiatan PSTS ini dilaksanakan di 8 hari pertama Ramadhan, untuk hari-hari berikutnya kita melaksanakan remedial dan intensif hadits Arbain.

Adapun agenda setelah shalat Dzuhur ialah pembiasaan bahasa Arab dan dilanjutkan dengan kegiatan mandiri, yaitu tilawah, setoran hafalan hadits atau istirahat di masjid sampai menjelang Ashar. Setelah Ashar kita kembali menyimak kajian yang disampaikan oleh para pimpinan. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan mandiri di asrama hingga pukul 17.30 WIB. Menjelang adzan Maghrib, kita membaca dzikir sore Al Ma’tsurat hingga adzan Maghrib dan berbuka puasa bersama di Masjid tercinta Shalahuddin Al Ayyubi. Setelah shalat Maghrib, kita makan malam dan setelah adzan Isya berkumandang, kita kembali ke Masjid dan melaksanakan shalat Isya dan Tarawih, serta diakhiri dengan kegiatan tahfidzul Qur’an.